isi Halaman

Informasi Menarik dan Seru

Sabtu, 20 Oktober 2018

Pertimbangan Sebelum Membeli Kamera


Pertimbangan Sebelum Membeli Kamera

Memiliki hobi fotografi memang menyenangkan. Apa lagi saat ini banyak sekali kamera canggih yang siap membantu mengasah hobi fotografi kamu. Hanya saja, mungkin masih ada rasa khawatir salah memilih kamera. Hal ini wajar, terlebih kamu belum berpengalaman membeli kamera mirrorless dengan harga mahal seperti harga kamera Fujifilm X-H1.

Pertimbangan Sebelum Membeli Kamera

Mengingat harga kamera terbilang mahal, maka tentu ada pertimbangan-pertimbangan yang perlu kamu perhatikan. Apa saja pertimbangan-pertimbangan tersebut? Inilah ulasannya.

1. Tentukan tujuan membeli kamera

Sebelum beli kamera, pastikan kamu sudah tahu tujuannya. Apakah akan kamu gunakan untuk berfoto, atau untuk vlogging. Tujuan ini penting untuk diketahui karena nantinya akan memudahkan kamu memilih jenis kamera yang akan dibeli. Misalnya, jika kamu membutuhkan hasil foto yang jernih dan tajam kamu bisa memilih kamera Fujifilm.

2. Tentukan anggaran

Selain menentukan tujuan membeli kamera, kamu juga perlu menyiapkan anggaran untuk membeli kamera. Apa lagi harganya terbilang mahal, jadi pertimbangannya juga tidak boleh asal. Untuk harga kamera mirorless ini berada pada kisaran Rp. 5 jutaan sampai puluhan juta. Jadi agar lebih mudah menentukan jenis kamera yang akan dibeli, pastikan kamu juga sudah menentukan budgetnya ya.

3. Beli baru

Usahakan untuk membeli kamera yang baru ya. Dengan membeli kamera baru, kamu nanti akan mendapat garansi. Garansi inilah yang akan membuat kamu lebih nyaman menggunakannya karena ketika ada masalah pada kamera, kamu bisa melakukan perbaikan. Lain halnya jika membeli kamera second, yang tentu saja tidak akan ada garansi.

4. Pastikan lensanya bisa diganti

Menggunakan lensa yang itu-itu saja bisa jadi membuat kamu bosan. Untuk itu, ketika memilih kamera mirrorless, usahakan untuk memastikan apakah lensa kamera bisa diganti. Ini akan memudahkan kamu menghasilkan foto yang bervariasi.

5. Fitur Wi-Fi

Setelah asyik memotret, tentu kamu tak sabar untuk segera mengunggahnya ke sosial media. Nah, untuk itu pilihlah kamera yang sudah dilengkapi dengan fitur Wi-Fi sehingga memudahkan kamu mentransfernya ke smartphone atau laptop.

6. Sensor kamera dan megapixel

Apabila kamu termasuk orang yang menyukai editing foto atau video dengan Photoshop, maka memilih kamera dengan megapixel besar lebih disarankan. Sebab ketika di-zoom, foto yang diambil dengan megapixel besar terlihat lebih halus dan jernih. Namun jika foto ini hanya akan kamu unggah ke akun sosial media, maka ukuran megapixel ini tidak mengapa jika tidak diperhatikan.

Perihal ini kamu bisa memilih kamera dengan ukuran 16MP, sebab lensa pada kamera mirrorless ini tak sebagus kamera DSLR, jadi memungkinkan adanya penurunan kualitas hasil foto.

Sementara itu untuk sensor kamera, ketika sensor yang digunakan berbeda, maka hasil fotonya pun akan berbeda. Umumnya kamera mirrorless menggunakan sensor full frame, four thirds dan APS-C.

Demikianlah beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli  kamera mirrorless. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membeli kamera mirrorless? Jika iya, tidak ada salahnya untuk mencari tahu harga kamera Fujifilm X-H1 terlebih dulu. Setelah itu kamu bisa membelinya di toko online langganan. Oia, tetap sesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki ya.

Pastikan kamu memilih kamera sesuai dengan kebutuhan ya. Jangan membeli hanya karena mengikuti trend, sebab harga kamera ini relatif mahal sehingga sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Blognya Winda | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com