isi Halaman

Informasi Menarik dan Seru

Minggu, 29 September 2019

5 Cara Memilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

5 Cara Memilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Pentingnya memilih asuransi jiwa adalah sebagai bentuk jaga-jaga jika terjadi kematian ataupun keadaan yang mengakibatkan kerugian kepada pihak yang tertanggung. Dengan adanya asuransi ini, maka akan memudahkan dan meringankan beban keluarga yang ditinggalkan. Namun tidak jarang pula, tujuan yang semula ingin meringankan beban, malah menambah beban akibat memilih asuransi tanpa perencanaan yang matang.

Memilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Asuransi adalah model pembayaran dalam jangka panjang. Maka seperti pinjaman, asuransi harus direncanakan dengan baik. Jangan sampai Anda merasa rugi atas salah satu produk asuransi dan menyalahkan lembaga. Padahal, Anda sendiri yang kurang mencermati setiap produk asuransi yang ditawarkan. Lalu, bagaimana cara supaya bisa memilih produk asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan? Ikuti tips di bawah ini, ya!

1. Pilihlah Lembaga yang Terpercaya

Asuransi merupakan sistem pembayaran jangka panjang sehingga memastikan kredibilitas lembaga asuransi yang Anda pilih adalah hal yang  sangat penting. Apakah lembaga penyedia asuransi yang Anda pilih pernah memiliki permasalahan? Jika iya, Anda harus memikirkan kembali apakah penyedia asuransi tersebut layak untuk dipilih. Anda memang harus benar-benar memastikan bahwa lembaga tersebut memiliki zero mistake.

Bagaimana caranya? Cara yang bisa dilakukan adalah memonitor perkembangan kinerja dan pengelolaan dana dengan melihat laporan keuangannya melalui internet atau sumber terpercaya lainnya. Andaa bisa melihat berapa rating dan bintang untuk kinerja lembaga tersebut.

Selain itu, Anda bisa melihat RBC (Risk Based Capital) lembaganya, apakah telah sesuai dengan ketentuan pemerintah yang menetapkan batas minimal yaitu 120% atau tidak. Bukan cuma itu, kenali juga dengan baik seluk beluk lembaga yang akan Anda pilih dengan mencari trade record di internet.

2. Kenali Perbedaan Setiap Produk yang ditawarkan

Khusus untuk asuransi jiwa, ada beberapa produk yang bisa Anda pertimbangkan perbedaannya dan cari manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah macam-macamnya:

       Term life insurance
Layanan asuransi jiwa yang satu ini memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu. Biasanya 5, 10, hingga 20 tahun dengan premi yang tetap.

       Whole life insurance
Layanan asuransi whole life insurance ini memberikan perlindungan sepanjang hidup untuk tertanggung. Premi yang harus dibayarkan lebih mahal dibandingkan dengan term life insurance.

       Asuransi Dwiguna
Asuransi ini adalah jenis asuransi yang digabung dengan tabungan. Anda berhak untuk menerima uang pertanggungan jika yang tertanggung meninggal dunia. Selain itu, Anda juga berhak untuk menarik polis dalam jangka waktu tertentu sebelum masa kontrak selesai.

3. Sesuaikan dengan Pendapatan

Memilih dan membeli asuransi juga harus disesuaikan dengan pendapatan. Jangan sampai Anda memilih produk asuransi dengan jumlah premi di atas pendapatan. Hal ini akan menimbulkan permasalahan, untuk itu Anda harus benar-benar memerhatikan detail produk termasuk berapa premi yang harus dibayarkan setiap tahun dan berapa uang tanggungan seluruhnya yang berhak Anda dapatkan. Jangan sampai Anda merugi karena salah memilih produk asuransi.

4. Bandingkan dengan Asuransi yang Lain

Setelah Anda mengetahui berapa premi yang harus dibayarkan sekaligus jumlah dana tertanggung yang akan dibayarkan oleh lembaga, Anda bisa membandingkan hal tersebut dengan lembaga penyedia jasa lainnya. Pilihlah yang meyakinkan dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Premi yang terlalu mahal dan terlalu murah penting untuk Anda hindari.

5. Pelajari Polis dengan Cermat

Hal simpel ini sering dilupakan oleh setiap nasabah. Anda harus benar-benar mengerti apa yang ada dan tertulis dalam polis. Sekali Anda menandatangani perjanjiannya, berarti Anda menyetujui semua yang ada dalam polis. Supaya tidak merugi, jangan terlalu cepat memberikan tanda tangan jika ada bagian yang tidak Abda pahami. Tanyakan kepada pihak resminya mengenai kebingungan Anda tersebut.

Nah, demikian beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam memilih produk asuransi. Berhati-hatilah dalam memilih produk dan selalu ingat untuk mencari dan mengumpulkan informasi sebelum memutuskan membeli. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Blognya Winda | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com