isi Halaman

Informasi Menarik dan Seru

Senin, 09 Maret 2020

Kenali 4 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti


Kenali 4 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti

Ban merupakan bagian yang sangat vital pada kendaraan karena penopang utama saat Anda berkendara. Oleh sebab itulah Anda harus merawat ban mobil secara intens untuk mengetahui kapan ban tersebut harus segera diganti. Ketika Anda kredit mobil mitsubishi biasanya terdapat garansi pemeriksaan ban yang bisa Anda manfaatkan.

Tanda ban mobil harus segera diganti

Kerusakan pada ban mobil terkadang diabaikan karena kebanyakan orang tidak memahami bagaimana seharusnya merawat ban tersebut. Padahal, ban mobil yang rusak terlihat jelas kondisinya abnormal dan berpotensi terjadinya kecelakaan. Ketika ban mobil yang Anda gunakan masih dipaksakan untuk digunakan, biasanya akan berpengaruh juga pada komponen lainnya. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui tanda ban mobil harus segera diganti seperti yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Ban bolak-balik kempes

Ketika ban mobil Anda sudah sering mengalami kempes dan Anda bolak-balik ke bengkel untuk tambal ban, sebaiknya segera lakukan penggantian. Kondisi ban yang seperti ini akan membuat kekuatan ban saat menahan beban semakin berkurang. Ban yang sering kempes bukan hanya menghabiskan uang pemiliknya, tapi memicu terjadinya kecelakaan ketika berkendara.

2. Permukaan ban pecah-pecah

Berdiam diri di wilayah yang panas dapat membuat permukaan ban mobil Anda pecah-pecah atau retak. Kondisi ini sebenarnya dapat diatasi dengan memberi cairan khusus pada ban. Sayangnya, tidak semua orang menyadari hal ini sehingga membiarkannya sampai rusak. Pada akhirnya, mau tidak mau Anda harus mengganti ban mobil yang telah rusak tersebut dengan yang baru dan mengeluarkan uang lagi.

3. Ganti ban jika permukaanya benjol

Jalanan di kota-kota di Indonesia terkadang banyak yang berlubang. Para pengendara juga kadang ada yang tidak menghindarinya, sehingga menerobos lubang jalanan tersebut dengan kecepatan tinggi. Alhasil, ban mobil malah rusak dan menggelembung atau benjol. Nah, ban benjol ini biasanya diakibatkan karena ada kawat ban yang putus dan sangat memungkinkan untuk pecah, yang mana kondisi seperti ini bisa membahayakan keselamatan ketika berkendara.

4. Permukaan ban semakin tipis

Mengganti ban mobil perlu Anda lakukan ketika permukaan ban mulai terlihat menipis. Untuk mengetahui ban mulai semakin tipis dapat dilihat melalui Tread War Indicator (TWI) yang tersedia pada setiap unit ban. TWI ini merupakan petunjuk keausan dari ban mobil Anda.

Itu beberapa tanda yang menunjukkan jika ban mobil Anda harus segera diganti. Meskipun mobil Anda masih dalam kondisi baru karena baru dibeli dengan cara kredit mobil mitsubishi, upayakan untuk tidak melupakan perawatan ban mobil agar awet dan tahan lama.


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Blognya Winda | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com