isi Halaman

Informasi Menarik dan Seru

Senin, 20 April 2020

Ini Dia Cara Penularan Virus Corona yang Paling Umum Terjadi


Ini Dia Cara Penularan Virus Corona yang Paling Umum Terjadi

Sampai dengan saat pemerintah Indonesia masih bekerja keras untuk mencegah penularan pandemi virus corona di Indonesia. Karena sistem penyebarannya yang sangat cepat dan bahkan cenderung susah untuk dikendalikan maka sangat diharapkan untuk tidak hanya pemerintah saja yang bekerja keras untuk menjaga dan mencegah penularan covid-19 di Indonesia akan tetapi kesadaran individu juga sangat dibutuhkan untuk mencegah penularan covid-19 di Indonesia. Bila kita lihat saat ini memang negara-negara lain sedang bertarung dengan corona sehingga negaranya bisa kembali seperti sedia kala.

Sebagai contohnya adalah beberapa kebijakan yang diambil oleh negara-negara seperti Perancis, Italia sampai dengan China mereka memberlakukan berbagai macam kebijakan seperti karantina wilayah secara total. Tidak hanya itu saja di negara lain juga sudah banyak sekali yang melakukan cara lain untuk mencegah penyebaran covid-19 dengan melakukan tes covid-19 secara masal kepada seluruh warga negara mereka untuk mengetahui seberapa luas peta persebaran covid-19 di wilayah mereka. Dengan begitu nantinya akan sangat mudah untuk menentukan langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Tidak hanya pemerintah saja yang diharapkan untuk bisa bekerja keras menangani virus tersebut dengan membatasi berbagai macam kegiatan yang tidak terlalu penting di luar rumah. Jadi pemerintah sangat berharap bila memang tidak dalam kondisi yang sedang genting yang mengharuskan untuk keluar rumah maka sangat diharapkan untuk tetap berdiam diri di rumah dan melakukan segala sesuatu di rumah seperti work from home dan belajar dari rumah. Berikut ini adalah beberapa cara penularan virus corona yang paling umum terjadi:

1. Kontak Dengan Benda Yang Tersentuh Pasien Covid-19

Benda seperti smartphone atau benda lain yang berada di tempat umum adalah dinilai merupakan media masif untuk penularan penyakit ini. Menurut penelitian yang telah dilakukan WHO bahwa virus ini dapat bertahan sampai dengan 3 hari dengan cara menempel pada permukaan sebuah benda. Dengan begitu virus tersebut dapat dengan mudah menulari orang lain.

2. Tidak Menjaga Kebersihan

Salah satu kunci supaya tidak tertular covid-19 adalah dengan menjaga kebersihan. Apabila seseorang tidak bisa menjaga kebersihan terutama kebersihan tangan dan tidak rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir maka orang tersebut akan dengan mudah terjangkit covid-19 karena tangan disinyalir merupakan salah satu media yang digunakan untuk penularan covid-19.

3. Tidak Menerapkan Etika Batuk dan Bersin Yang Benar

Cara penularan corona yang paling banyak yakni lewat droplets yakni percikan air yang berasal dari ingus saat penderita covid-19 sedang batuk atau bersin. Maka dari itu pemerintah juga sudah banyak memberikan himbauan bahwa jangan memegang muka atau daerah di area muka dengan menggunakan tangan yang masih kotor atau tidak steril. Maka dari itu sangat penting bagi setiap individu untuk menerapkan etika batuk dan bersin yang benar.

Kurangnya pemahaman tentang virus corona juga merupakan salah satu penyebab tingkat penularan virus ini di Indonesia masih sangat tinggi. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu memberikan edukasi kepada setiap masyarakat bagi orang yang sudah paham dan mengerti dengan jelas seputar corona. Hal ini dipercaya sebagai salah satu langkah yang tepat untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Indonesia. Untuk informasi seputar corona yang terbaru Anda bisa menghubungi aplikasi Halodoc.


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Blognya Winda | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com