isi Halaman

Informasi Menarik dan Seru

Selasa, 04 Agustus 2020

Masih Bingung Kapan Harus Ganti Oli? Ini Tipsnya


Masih Bingung Kapan Harus Ganti Oli? Ini Tipsnya

Banyak sekali hal yang harus diperhatikan untuk menjaga performa mesin, salah satunya melakukan ganti oli kendaraan secara berkala. Mengganti pelumas kendaraan ini secara rutin tentu tak hanya dapat memperpanjang umur mesin, namun juga merawat kesehatan mesin agar tetap bisa beroperasi dengan baik.

Selain itu, mengganti oli sesuai dengan anjuran dapat mencegah munculnya masalah pada kendaraan yang bisa merugikan pemilik. Nah, penggantian oli mesin ini umumnya berdasarkan pada jarak tempuh dalam satuan kilometer (KM) dalam odometer atau masa pakai. Meski sudah sesuai dengan anjuran pabrik, namun ada beberapa faktor lainnya yang harus Anda perhatikan sebelum memilih dan mengganti oli mesin.

Mengacu pada pernyataan M. Wahab, seorang pengamat otomotif tepercaya yang tercantum pada situs otopedia.com, mengatakan bahwa penggantian oli mesin akan lebih tepat jika disesuaikan dengan cara penggunaan kendaraan.

Misalnya, beban tempuh kendaraan dalam kota dengan medan aspal tentunya berbeda dengan kendaraan yang menempuh medan tanah seperti di pedesaan. Dengan kata lain, perawatan yang dibutuhkan oleh setiap kendaraan akan berbeda seiring cara penggunaannya. Maka dari itu, perlu adanya penyesuaian lebih sebelum mengganti oli mesin kendaraaan Anda.

Terkait dengan penggantian oli, pemilihan pelumas jadi salah satu hal yang vital. Demi menjaga produktivitas kendaraan, Idemitsu menawarkan beberapa varian oli mesin untuk kendaraan Anda. Varian produk tersebut terbagi menjadi 4 macam yaitu, oli mesin mobil, oli mesin motor, oli mesin diesel, dan oli transmisi.

Setiap varian produk memiliki kegunaan dan fungsinya masing-masing. Misalnya, oli mobil Idemitsu memiliki 6 macam seri yang berbeda contohnya seperti seri Idemitsu SN/GF-5 5W-30 FS, yang berfungsi untuk menjaga suhu dan memberikan perlindungan deposit. Karakter pelumas ini memberikan kinerja yang baik pada suhu tinggi sehingga dapat memperpanjang umur mesin. Pelumas satu ini sangat cocok untuk Anda yang sering menempuh jarak jauh ataupun jarak pendek.

Di samping itu, bagi Anda yang sering berkendaraan di daerah perkotaan dan ingin mengirit penggunaan bahan bakar, Idemitsu SN/GF-5 0W-20 FS bisa jadi pilihan yang tepat. Selain dapat memperpanjang umur mesin dengan mengurangi risiko keausan, jenis pelumas fully synthetic, API SN/GF-5, ini membantu mengurangi daya konsumsi bahan bakar dan memberikan resource conserving untuk jarak tempuh yang lebih baik.

Selain mobil, Idemitsu juga menghadirkan jenis-jenis oli untuk kendaraan roda dua. Produk oli motor Idemitsu sendiri terbagi menjadi 7 tipe dengan fungsi yang berbeda-beda. Ada pelumas khusus motor matic seperti Idemitsu 4T SL/MB 10W-40 SS, Idemitsu 4T SL/MA2 5W-40 FS, khusus motor 4T atau motor sport dengan kebutuhan tenaga tinggi, dan lainnya.

Sama halnya dengan oli mobil, pemilihan oli motor juga harus disesuaikan dengan jenis mesin dan penggunaannya. Seperti contoh, oli Idemitsu 4T SL/MB 10W-30 (MATIC) diperuntukkan untuk menjaga mesin motor agar tetap prima meski dalam keadaan suhu tinggi sekalipun. Sedangkan, oli Idemitsu 4T SL/MA 10W-30 FS, diperuntukkan untuk motor 4T atau manual yang berfungsi untuk menjaga tenaga agar tetap responsif dan halus.

Idemitsu merupakan salah satu pelopor oli di Indonesia yang menerapkan teknologi perlindungan mesin yang baik. Demi menunjang produktivitas, setiap produk pelumas memiliki fungsi yang bisa disesuaikan dengan jenis mesin kendaraan dan penggunaannya. Selain pelumas mobil dan motor, Idemitsu juga menyediakan oli khusus seperti mesin diesel, oli transmisi, dan pelumas industri.

So, jangan sampai lupa mengganti oli kendaraan Anda tepat waktu agar performanya tetap terjaga!


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Blognya Winda | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com