isi Halaman

Informasi Menarik dan Seru

Kamis, 10 September 2020

5 Cara Menggunakan Print Masker yang Benar


5 Cara Menggunakan Print Masker yang Benar

Sesuai rekomendasi dari The Centers for Disease Control and Prevention atau CDC dan WHO, beberapa waktu lalu Pemerintah Indonesia menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker kain. Hal ini bertujuan untuk menekan penyebaran Virus Corona secara droplet. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari penggunaan bahan kain ini. Berikut cara yang benar dalam menggunakan print masker kain, agar anda dapat terhindar dari virus.

Hal yang Wajib Diketahui dari Penggunaan Masker Berbahan Kain

1. Tidak Lebih dari 4 Jam

Hal pertama yang perlu anda perhatikan ketikan menggunakan masker dari kain yaitu dalam penggunaanya tidak boleh lebih dari 4 jam. Karena dalam rentang waktu tersebut, mungkin sudah terdapat banyak kuman serta virus yang menempel pada permukaan kain ketika digunakan. Setelah memakainya selama 4 jam, anda dapat mencuci alat pelindung mulut tersebut dengan menggunakan sabun dan air. Masker kain tersebut harus dicuci dengan bersih sebelum dipakai kembali.

2. Kain 3 Lapis

Menggunakan masker ketika berada di luar rumah menjadi salah satu cara yang diyakini dapat mencegah dan mengurangi penularan virus Covid-19. Karena hal itu, beberapa waktu lalu banyak masyarakat panik dan mulai banyak mencari masker N95. Padahal, jenis ini merupakan masker yang lebih dibutuhkan oleh para tenaga kesehatan. Untuk masyarakat umum, anda dapat menggunakan print masker yang terbuat dari bahan dasar kain.

Pelindung mulut nonmedis tersebut dapat dibuat dari bahan kain katun tahan air, kaus, hingga kain lap di rumah. Menurut WHO, menggunakan masker kain yang terdiri dari bahan 3 lapis akan lebih efektif dalam menangkal virus. Karena hal ini dipercaya mampu memberikan filtrasi minimal kurang lebih 70 persen terhadap partikel-partikel solid. Anda kini dapat membeli masker yang terdiri dari bahan kain 3 lapis dengan cukup mudah, dengan membelinya secara online maupun offline.

3. Lakukan Hal Ini

Agar anda terhindar dari penularan Virus Corona secara droplet, maka sebaiknya anda memilih masker yang mampu menutupi hidung, mulut, serta dagu dengan menyeluruh. Sehingga, pastikan anda mencoba terlebih dahulu masker pilihan anda sebelum menggunakannya beraktivitas di luar. Selalu cuci tangan sebelum dan setelah anda menggunakan print masker atau masker lainnya, serta hindari menyentuh bagian luar kain saat menggunakannya.

4. Jangan Lakukan Ini

Jika sudah melakukan tahap-tahap penggunaan masker dengan baik, maka anda juga perlu menghindari beberpa hal seperti menggunakan masker dalam keadaan lembap. Selain karena baunya tidak sedap, kain yang lembab akan menyimpan banyak bakteri dan kuman yang bisa saja terhirup oleh anda saat menggunakannya. Anda juga sebaiknya tidak memakai masker kain secara bergantian dengan orang lain, meski alat pelindung mulut tersebut sudah dicuci bersih.

5. Tetap Jaga Jarak

Terakhir yakni tetap menjaga jarak dengan orang lain. Meskipun penggunaan masker kain diharapkan mampu menekan laju penyebaran Virus Corona. Namun anda tetap harus waspada dan melakukan tindak pencegahan yang lain. Oleh karena itu, masyarakat tetap diminta untuk menjaga jarak sekitar 1 hingga 2 meter. Serta tetap memastikan print masker yang anda gunakan tidak longgar dan dapat menutupi secara sempurna saat digunakan beraktivitas.

Itulah beberapa cara menggunakan masker kain yang benar. Dengan menggunakan alat pelindung mulut, bukan berarti membuat masyarakat bisa bebas berlaku seenaknya. Tetap patuhi semua prosedur serta protokol kesehatan yang diimbau oleh pemerintah. Terlebih saat anda bepergian ke tempat yang didatangi oleh banyak orang. Masker kain dengan berbagai macam model dapat anda pesan pada website custom.co.id., guna mengurangi penularan Virus Corona.


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Blognya Winda | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com